Posts Subscribe to This BlogComments

Jumat, 21 Desember 2012

Aktivitas di tambang

Aktivitas di tambang

Banyak orang belum mengetahui bagaimana bekerja di pertambangan, yang diketahui secara umum biasanya hanyalah pendapatan/gaji yang besar jika bekerja di pertambangan. Tentu saja gaji yang besar itu adalah kompensasi dari resiko kerja yang cukup tinggi.

Sebelum masuk di pertambangan sebaiknya perlu dipelajari dahulu bagaimana dinamika pertambangan sehingga sudah siap mental. Jangan sampai hanya tergiur dengan gaij yang cukup tinggi tapi yang terjadi adalah rengekan minta pulang kembali ke tempat tinggal.

Pertambangan adalah bidang kerja yang prosesnya diawasi dengan ketat oleh pemerintah. Segala kegiatan operasional diatur dalam Keputusan Menteri. Pengawas operasional, pengawas teknik dan kepala teknik tambang harus disertifikasi oleh pemeirntah.

Untuk masuk dalam dunia tambang, seseorang harus mempunyai keahlian, wajib mentaati peraturan yang berlaku. Selain syarat kecakapan tentu saja kondisi badan harus benar-benar fit, kerja di tambang bukan kerja di kantoran dalam ruangan ber-ac, tetapi kerja di lapangan di bawah terik matahari. Hampir semua kegiatan pertambangan beroperasi selama 24 jam, jadi harus siap juga untuk mengubah jam biologis menjadi malam kerja dan siang istirahat.

Level terbanyak yang bisa dilamar oleh orang dari luar daerah operasional di pertambangan biasanya adalah operator/mekanik. Perusahaan pertambangan merekrut lulusan SMU\SMK  untuk menjadi operator\mekanik. Salah satu kontraktor pertambangan batubara terbesar di Indonesia bahkan mengadakan rekrutmen calon operator\mekanik tiap bulan , puluhan hingga ratusan orang.

Para calon operator \mekanik ini tentu saja tidak langsung bekerja, tapi digembleng dengan metode semi militer selama kurang lebih 1,5 bulan, setelah itu mereka akan dilatih bagaimana menjadi mekanik dan operator. Selama penggemblengan dan pelatihan ini calon operator\mekanik ditangung akomodasi dan uang saku.

Setelah selesai tahap pelatihan biasanya akan ada masa orientasi selama kurang lebih 3 bulan, tahap ini mereka sudah menjadi calon karyawan dan gajinya sudah mulai lumayan. Setelah selesai masa orientasi maka akan diangkat menjadi karyawan, dengan hak-hak seperti  jamsostek, asuransi kesehatan (termasuk untuk isti dan anak jika nanti sudah menikah dan berkeluarga). Kerja operator\mekanik akan diatur bergantian shift siang dan malam. Pendapatan seorang operator\mekanik cukup lumayan untuk ukuran lulusan SMA\SMK, di pertambangan mereka memperoleh gaji bersih 4-6 juta. Gaji ini bersih karena di tambang kebutuhan hidup sudah dipenuhi,seperti  makan, transportasi dan laundry.

Para operator\mekanik biasanya mendapatkan hak cuti setiap 3 bulan sekali selama 10  s/d 12 hari (biasanya beberapa perusahaan berbeda). Biaya transportasi cuti hingga ke daerah asal \ tempat perekrutan ditanggung oleh perusahaan. Cuti ini diluar cuti tahunan.

Pekerja tambang yang masuk dari sumber sarjana (S1) akan menempati posisi supervisor atau officer. Posisi ini cukup strategis. Gaji yang didapatkan relatif besar tergantung perusahaan tapi rata-rata supervisor akan mendapatkan gaji minimal 6 juta /bulan bersih (pengalaman 0 tahun). Sarjana dari berbagai disiplin ilmu bisa masuk ke pertambangan seperti geologi, pertambangan, elektronika, teknik sipil, informatika, geodesi, teknik mesin, teknik industri, bahkan ekonomi dan antropologi. Pertambangan adalah sarat teknologi, dan implementasi kerja di pertambangan adalah lintas disiplin ilmu.

Level supervisor ini roster (putaran) cutinya lebih pendek daripada operator, biasa antara 8 minggu kerja – 2 minggu cuti, bahkan beberapa perusahaan 6 minggu kerja 2 minggu cuti. Pertama kali masuk kerja, karyawan sumber sarjana biasanya akan menjalani masa training selama 1 tahun. Penilaian akhir tahun bisa menjadikan karyawan tersebut menjadi karyawan tetap atau dikembalikan ke rumah.

Berikut fasilitas dan benefit yang diterima pekerja tambang saat pertama kali masuk tambang (angka besaran gaji diambil secara umum), pada umumnya masuk di pertambangan pada level Helper, Mekanik\Operator, Officer dan Supervisor, untuk level lain dicapai melalui karir, bukan pendidikan.
Helper, rekrut dari SMP\SMA, gaji awal saat masuk net sekitar 2-4 juta, fasilitas makan saat kerja, cuti tahunan, jamsostek, asuransi kesehatan dan bonus tahunan. Biasanya direkrut dari daerah sekitar operasional.

Mekanik\Operator, rekrut dari SMA\SMK, gaji awal saat masuk net sekitar 3-5 juta (bisa lebih besar tergantung lembur), fasilitas makan, tempat tinggal, loundry, transportasi menuju tempat kerja, cuti tahunan, cuti periodik 12 minggu kerja – 2 minggu cuti, bonus tahunan. Mulai dari level ini hingga ke atas biasa diambil dari seluruh Indonesia.

Officer, rekrut dari D3\Sarjana, gaji awal saat masuk net sekitar 4-6 juta, fasilitas makan, tempat tinggal, loundry, transportasi menuju tempat kerja, cuti tahunan, cuti periodik 10 minggu 
Supervisor, rekrut dari Sarjana, gaji awal saat masuk, net sekitar 5-7 juta, fasilitas makan, tempat tinggal, loundry, transportasi menuju tempat kerja, cuti tahunan, cuti periodik 10 minggu kerja – 2 minggu cuti, bonus tahunan.

Untuk urutan level di pertambangan secara umum adalah sebagai berikut : Helper – Operator\Mekanik – Group Leader – Officer – Supervisor – Section Head – Department Head\Superintendent  – Manager – Senior Manager – General Manager – Direktur

Selain gaji dan fasilitas menarik, di pertambangan terdapat bonus tahunan. Jika perusahaan mencapai target produksi tahunan maka karyawan akan diberi bonus yang besar.
Kenaikan gaji rata-rata 10-15% tiap tahun, untuk posisi-posisi strategis besaran gaji sangat fantastik, seorang supervisor jika memang dibutuhkan perusahaan maka gajinya bisa mencapai 10 juta/bulan. Untuk posisi manager gaji yang diperoleh bisa mencapai 25 juta/bulan nett. Silakan bayangkan berapa besar PPH 21 jika bonus tahunannya adalah 10x gaji.

Tips untuk melamar ke pertambangan klik disini
Berbadan sehat, fit, karena jika tidak sehat akan menyusahkan perusahaan, karyawan lain, dan keluarga, mengingat kerja di tambang sangat berat dan lokasinya biasa jauh dari fasilitas seperti umumnya di kota.

Mempunyai skill yang cukup sesuai persyaratan yang diminta perusahaan.
Siap berpisah dengan keluarga untuk jangka waktu yang lama dan hidup dengan fasilitas yang terbatas, pada umumnya pertambangan terletak di pedalaman Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Sumatera.
Siap bekerja dalam tim dan dibawah tekanan kerja yang berat

Pilih perusahaan pertambangan yang legal dan bersih, sebelum masuk cari kredibilitas perusahaan lewat internet atau media lain, bisa juga ditanyakan di Depertement ESDM, lebih baik susah payah mencari data perusahaa yang akan dimasuki daripada kecewa setelah masuk. Jangan sampai perusahaan pertambangan yang dimasuki hanya perusahaan abal-abal mirip tambang rakyat.


Rega Spy
PT. Graha Prima Energy

Siap menahan godaan dan kuatkan iman….? :D

Related Post



1 komentar:

  • Anonim

    Terima kasih untuk share nya.. sangat bermanfaat untuk saya yang baru masuk dalam dunia pertambangan.

  • Posting Komentar

    Entri Populer

    Tuker Link

    Tukaran Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

    Zeon Spy

     

    Banner Friends

    fuulpatch7
    spyzeon

    Followers

    Rega Spy. Diberdayakan oleh Blogger.

    Categories