Posts Subscribe to This BlogComments

Selasa, 13 Desember 2011

Templates – Desain Blog Gratis Yg Elegan


Berburu template untuk blog yang kita kelola selalu mengasyikkan. Tanpa terasa waktu yang dihabiskan dalam berburu template-template baru yang unik bisa memakan waktu berjam-jam. Setiap blogger pemula dan desainer template blog selalu memanfaatkan waktu onlinenya berburu sumber-sumber terbaru di internet.

Salah satu website blog penyedia template unik bagi para blogger yang pernah disambangi penulis adalah bTemplates.com. Weblog ini memiliki ratusan template hasil dengan desain terbaru dari berbagai sumber untuk digunakan secara gratis. Kategori template yang tersedia juga banyak. Diantaranya adalah: web2.0, 2 colomn, 4 colomn, Fresh, Gradient, Magazine, Minimalis, Photolog, dan lain-lain.

Beberapa waktu lalu penulis informasi internet online menyempatkan diri untuk berkeliling mencari sumber-sumber penyedia template gratis untuk blog yang bisa direkomendasikan kepada para blogger lain melalui media ini. Setelah lebih 1 jam, akhirnya penulis 'terhenti' sejenak pada sebuah website blog yang 'punya' ratusan template gratis dari berbagai sumber. Bahkan tercatat beberapa hasil karya desainer template blog tanah air ada di website blog ini, bTemplates.com.

Ketertarikan penulis terhadap web ini karena nama domainnya yang mudah diingat. Hal ini penting, mengingat jika merekomendasikan sebuah website blog penyedia template gratis di internet melalui media cetak maka nama domain yang mudah diingat akan sangat membantu bagi para pembacanya.

Desain yang bersih dan enak dipandang juga menjadi satu perhatian bagi penulis sehingga mau berlama-lama di bTemplates.com. Terdapat kurang lebih 31 kategori template yang bisa kalian pilih untuk website blog pribadi.

Tampilan pada setiap halaman dan kategori yang berisi thumbmail dari masing-masing template membuat bTemplates.com mudah dijelajahi isi keseluruhan produk-produk templatenya. Satu nilai plus berikut adalah website blog ini dapat diakses dengan cepat sekalipun kecepatan koneksi internet turun sampai 200an kb/s. Paling tidak itu yang dialami redaktur saat browsing alamat url website ini.

Berikut ini adalah beberapa template gratis yang bisa cukup 'apik' diaplikasikan sebagai pengganti template standar yang disediakan oleh Google Blogspot. Adapun kriteria pemilihan template berdasarkan desain yang unik, sederhana, dan punya nilai plus dari segi optimalisasi search engine. Karena blog yang mudah dikenal oleh search engine akan sangat membantu para blogger pemula mengenalkan website blognya kepada rekan-rekan blogger lain di tanah air. Baiklah mari kita lihat satu per satu.


Halfbaked

Template ini unik dengan warna dasar merah kecoklatan, teks putih dan orange menjadikannya benar-benar berbeda dengan template lain yang pernah ditemui di internet.

Template khusus untuk blogger yang ngehost di blogspot ini didesain oleh Guy Fisher dengan blog supportnya templategodown.com. Sampai saat artikel ini diposting, template ini sudah dikunjungi 1.200an kali dan sudah 273 orang yang mendownloadnya. Review lengkapnya bisa dilihat di http://www.guyfisher.com/builder/half-baked/ atau http://halbaked-btemplates.blogspot.com/

Halfbaked adalah template baru yang tercatat di bTemplates.com sejak 15 Januari 2009 ini. Silahkan download gratis dari guyfisher.com.



Color Paper

Template ini mungkin sudah sering ditemukan di banyak website blog Indonesia maupun dari negara lain. Color Paper memang populer dan telah di download sebanyak 4.802 kali dan tercatat 13.471 pengunjung yang datang melihat-lihat template ini.

Color Paper mulai dipublikasikan oleh FalconHive.com di direktorinya bTemplates sejak 31 Desember 2008 lalu. Sekalipun cukup populer namun beberapa masalah juga dialami oleh blogger saat menerapkannya ke blog mereka di blogspot. Untuk menghindari hal ini sebaiknya baca terlebih dahulu instruksinya di http://www.falconhive.com/2008/12/blogger-template-color-paper.html.

Color Paper diadaptasi dari template sejenis untuk wordpress namun tidak dijelaskan dimana bisa mendapatkan template tersebut untuk wordpress.



My Moleskine

Kreatifitas desainer blog template memang tidak ada matinya. Template hasil karya dari http://templatescove.blogspot.com/ ini sangat menarik karena berlatar belakang sebuah buku agenda terbuka. Template ini walau tampak sederhana tapi kami yakin banyak yang menginginkannya karena keunikan ini.



Notepad Chaos

Di desain oleh Smashing Magazine dengan Author instalasi dipresentasikan oleh Gosu Blogger pada http://www.gosublogger.com. Template ini berlatar belakang sebuah buku notes, didesain dengan 2 kolom dan merupakan hasil adaptasi dari template sejenis untuk wordpress. Notepad Chaos telah dimasukkan dalam database bTemplates.com sejak tanggal 18 September 2008 lalu.

Halaman deskripsi template ini telah dikunjungi oleh 20.616 blogger dari seluruh dunia dan di download sebanyak 21.404 kali. Warna dasar untuk latar belakang adalah biru keabuan, sedangkan halaman konten berwarna putih bergaris bak sebuah buku agenda.



ThoughPress

Template dengan latar belakang warna coklat kehitaman yang sudah di download sebanyak 3.588 kali ini masih merupakan hasil karya Falcon Hive yang juga hasil adaptasi dari theme wordpress karya FH. Masuk dalam database bTemplates sejak 20 Nopember 2008, tercatat telah dilihat oleh 11.112 blogger.

Thoughpress didesain 2 kolom dengan ukuran lebar 100%, sidebar berada disebelah kanan agar tampak familier namun tetap memiliki sense yang berbeda dengan template umumnya.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Tuker Link

Tukaran Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Zeon Spy

 

Banner Friends

fuulpatch7
spyzeon

Followers

Rega Spy. Diberdayakan oleh Blogger.

Categories